Minggu, 10 Mei 2020

Membuat Presentasi Interaktif dengan Powerpoint




Tips PowerPoint
Kebanyakan pemakai aplikasi Powerpoint membuat sebuah slidepresentasi secara default yang menampilkan slideshow dengan cara berurutan, dan sebagian kecil dari pemakai aplikasi ini membuat sebuah slide secara dinamis yang dapat berpindah-pindah ke halaman berapapun. 

Biasanya presentasi yang dibuat oleh kebanyakan pemakai aplikasi Powerpoint bersifat statis yang menampilkan sebuah slidedengan cara berurutan dan ketika melakukan slideshowpengguna hanya dapat menggunakan operator halaman selanjutnya atau sebelumnya. 

kali ini kami akan memberikan solusi untuk membuat presentasi anda ketika ditampilkan dalam slideshow tampilan slide yang anda tampilkan dapat berpindah pindah secara acak misal dari halaman 1 menuju halaman terakhir dan kembali lagi ke halaman 2 tergantung dari selera pemakainya. 

Simaklah tips berikut untuk membuat presentasi anda lebih interaktif ketika ditampilkan dalam “presentation view”/slideshow yang akan memudahkan anda dalam menampilkan presentasi yang lebih baik. 

Catatan:Untuk mempermudah praktek trik ini ada baiknya anda membaca juga tips kami tentang penggunaan Master slide di dalam Microsoft Powerpoint, karena kita memerlukan fitur Master slidedalam implementasi tips ini agar kerja kita lebih efektif dan lebih rapi.

Langkah pertama membuat presentasi interaktif.
Pertama buatlah presentasi anda dan selesaikan hingga anda merasa presentasi yang anda buat cukup untuk dijadikan sebagai sebuah presentasi yang dapat ditampilkan dalam slideshow

Setelah selesai membuat kita akan memberikan beberapa obyek pada presentasi kita yang akan kita jadikan sebagai alat navigasi pada presentasi kita dan disinilah kunci untuk menjadikan presentasi kita menjadi lebih interaktif. 

Masuklah ke dalam Master View presentasi dan modifikasi layout masternya lalu tambahkan beberapa obyek pada Master layout-nya supaya semua perubahan akan ditampilkan pada seluruh layout presentasi anda. 

Catatan:Obyek dapat berupa Shape, gambar, SmartartWordart dan lain lain. Berkreasilah dengan tombol tombol yang ada pada tabulasi insert.
 
Langkah 1 presentasi interaktif
Pada gambar diatas saya mencontohkan untuk membuat sebuah tombol yang dapat menavigasi tampilan ke 4 halaman berbeda ketika kita melakukan slideshow, dan saya membuat 4 tombol karena pada contoh slide ini saya hanya membuat 5 buah slide dummy (4 slide + 1 Title Slide). 

Langkah kedua membuat slide interaktif.
Setelah anda selesai menambahkan obyek silahkan anda jadikan obyek yang anda tambahkan tersebut menjadi linked object dengan menambahkan hyperlink pada obyek tersebut yakni dengan cara klik obyek tersebut lalu klik kanan dan klik Hyperlink (klik kanan + H). 
 
Langkah 2 presentasi interaktif
Langkah ketiga membuat slide interaktif.
Kaitkan tombol tersebut menuju ke halaman presentasi anda dengan cara klik tombol “Place In This Document” dan pilih slide tujuan yang anda inginkan untuk dinavigasi dari tombol tadi.

Lakukan cara diatas pada seluruh obyek yang ingin anda jadikan sebagai tombol navigasi. 
 
Langkah 3 presentasi interaktif
Setelah selesai silahkan tutup master view dan cobalah untuk melakukan slideshow(F5) pada presentasi anda dan ketika presentasi ditampilkan akan tampil Title Slide yang memang tidak terdapat perubahan, dan ketika anda klik lalu anda masuk ke slide pertama anda akan mendapati obyek yang telah anda modifikasi tadi menjadi sebuah tombol navigasi. 
Untuk Melihat List tutorial lainnya silakan kunjungi Halaman daftar materi Microsoft Office.

Kelebihan kita menggunakan beberapa obyek untuk dijadikan tombol navigasi slide adalah ketika kita menampilkan presentasi kita dalam tampilan slideshow kita dapat menavigasi slide menuju halaman tertentu dengan tombol yang telah kita modifikasi tadi. Dan juga dengan fitur ini presentasi kita menjadi terlihat lebih cantik dan rapi. 

3 langkah Mudah menggunakan Master slide dengan Powerpoint
 
Tips Office Powerpoint
Fitur "Master Slide" yang disematkan pada Powerpoint untuk membuat presentasi ini sangat memudahkan para penggunanya, karena dengan menggunakan fitur Master Slide kita tidak perlu repot repot mengetik/menambah atau memodifikasi suatu objek yang sama untuk banyak slide

Fitur ini sangat penting untuk memudahkan efektifitas penggunaan aplikasi perkantoran ini dalam membuat presentasi, karena dengan sekali kostumisasi anda dapat menggunakan tema itu untuk beberapa slide yang membutuhkan data yang sama pada layout tertentu. 

Cara kerja tool Master slide ini sangat mudah, yakni pengguna tinggal menambahkan objek maupun teks di dalam Master View dan mengedit Layout yang ingin diubah/ditambahkan obyek atau teksnya. Lebih lanjut akan saya terangkan melalui beberapa langkah berikut: 
Langkah pertama kostumisasi Master slide
Buatlah “blank presentation” baru, lalu setelah anda masuk silahkan menuju ke tabulasi “View” yang ada pada sisi paling kanan dan tekan tombol “Slide Master seperti gambar berikut ini.  
 
Langkah 1 Master Slide Powerpoint
Seperti yang diterangkan oleh gambar di atas, setelah anda masuk ke mode “Master view” anda akan melihat beberapa kerangka layout slide yang dapat anda kostumisasi sesuai dengan kebutuhan anda. 

Pada artikel ini saya akan memberikan contoh dengan memodifikasi kerangka layout dengan menambahkan beberapa gmabar sehingga dikala saya membuat slide baru akan muncul beberapa objek yang saya inginkan tanpa harus memakai copy-paste berkali kali. 
Langkah kedua kostumisasi Master slide.
Karena saya ingin memodifikasi semua slide saya dengan menambahkan sebuah gambar/logo yang nantinya akan tampil sendiri di setiap slide saya maka saya memodifikasi “layout Master”-nya yakni layout yang paling atas

Dengan menambahkan sebuah gambar yang berupa logo blog aplikasi office pada sisi kanan atas Master Layout, Setelah logo disematkan aplikasi Powerpoint akan segera menampilkan gambaran layout yang sudah dimodifikasi sepeti gambar berikut.
 
Langkah 2 Master Slide Powerpoint
Pada gambar diatas terlihat bahwa Icon yang saya tambahkan pada sisi kanan atas “Master Layout” mengubah semua tampilan layout slide Powerpoint kecuali layout untuk “Title Slide”. Setelah anda selesai mengubah dan menambahkan beberapa obyek yang diinginkan silahkan tutup Master Viewdengan cara tekan tombol “Close Master View” 

Catatan: Anda juga dapat mengubah font seluruh slide melalui Master layout ini dengan cara klik tombol “fonts” dan pilih font yang anda inginkan. 
Langkah ketiga Kostumisasi Master Slide.
Untuk melihat apakah kostumisasi anda berhasil silahkan anda membuat slide baru silahkan anda menambahkan Slide baru lalu cobalah ganti layout tersebut dengan beberapa layout yang lain. Objek yang anda tambahkan akan mempengaruhi tampilan seluruh tipe layout kecuali “Title Layout”. 
 
Langkah 3 Master Slide Powerpoint


Langkah Opsional:
3 langkah diatas dapat kalian lakukan jika anda hanya ingin memodifikasi seluruh tipe layout, lalu bagaimana cara jika kita hanya ingin memodifikasi pada beberapa layout tertentu saja? 

Untuk memodifikasi layout tertentu anda cukup memodifikasi layout yang ingin anda ubah melalui “Master View”. 
 
Langkah opsional Master Slide Powerpoint
Bisa dilihat pada gambar diatas bahwa saya mencoba melakukan modifikasi layout tertentu yakni “Two-table layout” seperti gambar diatas dengan menambahkan sebuah icon, karena saya mengubah tampilan pada layout tertentu maka Layout lainnya tidak terpengaruhi perubahan. 

Catatan: Jika anda tidak ingin menampilkan sebuah data pada semua layout jangan modifikasi melalui Master Layout anda, tetapi ubahlah beberapa layout yang ingin anda ubah tampilan dan style layout-nya karena perubahan pada Master Layout akan mempengaruhi semua tampilan layoutkecuali “Title layout”. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

menangkap apel